Pemanfaatan Platform Digital dalam Implementasi Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19

Pandemi COVID-19 masih menyelimuti wilayah dunia hingga saat ini dan menimbulkan dampak yang signifikan terhadap bidang ekonomi dan pendidikan. Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing, atau di Indonesia lebih dikenalkan sebagai physical distancing (menjaga jarak fisik) untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Kondisi tersebut mewajibkan setiap warga untuk tetap tinggal di rumah, bekerja dan belajar di rumah. Bidang pendidikan yang ikut terdampak pandemi membuat perubahan yang cukup signifikan pada pola pendidikan khususnya di negara Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring dan disusul peniadaan Ujian Nasional untuk tahun ini. Pembelajaran daring adalah salah satu kebijakan yang terpaksa diambil oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya memutus mata rantai distribusi COVID-19 di masyarakat terutama di lingkungan sekolah. Kebijakan ini memaksakan adanya penjarakan sosial dalam pembelajaran antara guru dan peserta didik, yang semula metode pembelajarannya sebagian besar adalah tatap muka dan sekarang menjadi pembelajaran berbasis online/daring.

Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang harus diteliti dan dikaji secara pelan dan mendalam, jangan sampai dengan pendidikan daring ini maka aspek tujuan dari pembelajaran peserta didik akan terabaikan. Hal ini akan sangat berdampak terhadap potensi awal dan tumbuh perkembangan peserta didik. Pengambilan kebijakan yang membawa wajah baru bagi pendidikan Indonesia ini tentunya masih terdapat banyak kendala dalam pelaksanaannya, karena tidak semua sekolah yang pernah melakukan sistem pembelajaran daring ini, maka wajar baik pihak guru, peserta didik maupun orang tua/wali peserta didik mendapatkan kendala menghadapi sistem baru ini. Berdasarkan kendala tersebut, Universitas Pendidikan Indonesia di bawah naungan LPPM UPI mengadakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik yang mengusung tema “Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi COVID-19” yang dilaksanakan pada tanggal 01 s.d 31 Juli 2021. Kegiatan KKN ini diharapkan mampu memberikan solusi dan membantu meringankan kendala yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

Penerapan berbagai strategi pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk menemukan ramuan yang pas dalam mentransformasikan pengetahuan kepada peserta didik yang baik bagi perkembangan peserta didik. Penggunaan strategi yang relevan dalam pembelajaran akan sangat memberikan pengaruh yang jitu terhadap kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing anak didik. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk mengefektifkan pembelajaran daring adalah dengan memaksimalkan penggunaan media pembelajaran. Keberhasilan dalam proses pembelajaran ditentukan oleh media pembelajaran yang digunakan. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar. Dalam proses pembelajaran daring, media pembelajaran online diperlukan karena banyak sekali keuntungan yang diberikan karena pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri dan mampu meningkatkan pemahaman siswa akan materi pembelajaran melalui media yang interaktif. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi media pembelajaran online yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran daring:

  • Kahoot
  • Kahoot adalah platform pembelajaran berbasis game. Kahoot menyediakan kuis pilihan ganda yang memungkinkan dibuat oleh pengguna dan dapat diakses melalui browser web atau aplikasi Kahoot. Kahoot dapat digunakan untuk meninjau pengetahuan siswa dan untuk penilaian formatif
  • Quizizz
  • Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.
  • Quizlet
  • Aplikasi satu ini hampir mirip dengan Kahoot. Bermodalkan mode kuis di dalamnya, Quizlet dapat memberikan kenyamanan belajar dengan cara yang menyenangkan. Aplikasi Quizlet bermanfaat untuk pelajaran apa saja termasuk biologi, kimia, bahasa Inggris, dan masih banyak lagi. Belajar bahasa asing lebih efektif dengan metode belajar yang memungkinkan pelajar untuk menghafal kosakata.
  • Make It
  • Make It adalah salah satu aplikasi pembuat games dengan banyak sekali pilihan permainan. Make It juga memiliki banyak sekali pilihan games yang dapat dibuat seperti kuis, tebak gambar, menyamakan, puzzle, menggambar, benar atau salah, dan masih banyak pilihan permainan lainnya.
  • Quiz Maker
  • Quiz Maker adalah salah satu aplikasi pembuat games dengan mode kuis pilihan ganda yang sederhana dan mudah digunakan. Kuis yang dibuat dengan aplikasi Quiz Maker ini juga dapat diakses di luar aplikasi dan bisa dibagikan dan diakses oleh siapa saja secara online.

Itulah beberapa media pembelajaran online yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran daring oleh guru. Media pembelajaran yang baik tentunya akan berpengaruh terhadap pemahaman siswa akan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Semakin interaktif dan menarik media yang digunakan, maka tingkat pemahaman siswa akan semakin baik.

sumber : https://www.kompasiana.com/andreaoctavianti/60f69c5b1525100bb44c2242/pemanfaatan-platform-digital-dalam-implementasi-pembelajaran-daring-selama-pandemi-covid-19